latest Post

DAFTAR NAMA PANGLIMA PERANG TERHEBAT DALAM SEJARAH

rangkuman daftar nama panglima perang versi pamanyan.blogspot.com panglima perang terhebat dalam sejarah
Saat mendengar kata "PANGLIMA PERANG" mungkin yang terlintas dibenak kita adalah seseorang dengan tampang yang gagah,jago dalam memainkan senjata,mempunyai taktik perang yang ampuh,dan memimpin ribuan pasukan.Dan paman juga beranggapan seperti itu hohoho.Didalam sejarah peperangan ternyata ada beberapa pasukan yang dipimpin oleh panglima perang yang tercatat dalam sejarah sebagai panglima perang terhebat.Siapa saja mereka?yuks cekidots
1. BAGINDA MUHAMMAD S.A.W
Pasukan perang muslim
Sejarah mencatat dan mengakui tentang Kejeniusan dan kehebatan beliau sebagai panglima dan strategi perang yang tak pernah tertandingi oleh panglima perang manapun.Selain itu beliau juga sangat dicintai oleh sahabat-sahabatnya karena sifat,akhlak dan perilaku beliau yang sangat menyenangkan hati bahkan para sahabat beliau pun rela mati demi membela beliau.Fakta-fakta menunjukkan bahwa Rasulullah telah mempelopori dan menerapkan seluruh “Principles Of War” yang hari ini menjadi rujukan setiap Panglima perang dan tentaranya.Dari banyaknya perang yang dipimpin oleh Rasulullah yang paling terkenal adalah perang badar (17 Maret 624/17 Ramadhan 2 Hijriah).Saat itu Rasulullah memimpin pasukan muslim yang hanya berjumlah 313 Orang termasuk diantaranya Abu Bakar Ash-Siddiq,Ummar Bin Khatab dan Ali Bin Abi thalib.Pasukan Rasulullah hanya memiliki 70 Unta dan 3 Kuda yang berarti bahwa mereka harus berjalan, atau tiga sampai empat orang duduk di atas satu unta.Pasukan kecil Rasulullah harus berhadapan tentara kafir yang dipimin oleh Abu Jahal yang berjumlah 1000 Orang yang lengkap dengan perlengkapan perang.Setelah pertempuran hebat terjadi berkat Doa,dan Ridho Allah S.W.T serta strategi dan taktik perang yang brilian dari Rasulullah,Pasukan Muslim berhasil memukul mundur tentara kafir dan meraih kemenangan pada saat itu.Perang itu juga dikenal juga sebagai perang Jibril,karena pada saat itu Malaikat Jibril berserta 3000 tentaranya turun untuk membantu Rasulullah.

2. SALAHUDDIN AL-AYYUBI
Salahuddin Al-Ayyubi
Beliau merupakan panglima perang muslim yang dikenal disemua kalangan baik kawan maupun lawannya sebagai seorang yang piawai dalam peperangan.keberanian dan kepahlawananya beliau tercatat dalam sejarah pada saat perang salib.Tercatat juga pada bulan Juli 1192,pasukan muslim menyerang tenda-tenda pasukan salib diluar benteng kota Jaffa (japho/jafo) selatan kota Tel-Eviv,ibukota Israel,Termasuk juga didalamnya tenda raja Inggris Richard I.Pada saat itu perbadingan pasukan Muslim dan Kristen adalah 4:1.Mengetahui hal itu Raja Richard I pun dengan berjalan kaki bersama dengan pasukannya menyongsong kearah pasukan muslim.Melihat hal tersebut Salahuddin pun berkata pada saudaranya "Bagaimana mungkin seorang raja berjalan kaki bersama prajuritnya? Pergilah ambil kuda arab ini dan berikan kepadanya, seorang laki-laki sehebat dia tidak seharusnya berada di tempat ini dengan berjalan kaki".Fragmen tersebut dicatat sebagai salah satu karakter yang pemurah dari Salahuddin,bahkan kepada musuhnya sekalipun. Walalupun sedang diatas angin tetap berlaku adil dan menghormati lawan-lawannya.

3. LEONIDAS
Leonidas panglima SPARTA
Mungkin bagi mamen yang suka atau pernah nonton film "300",pasti gak asing lagi sama yang namanya king LEONIDAS.Tubuhnya kekar,bijaksana,berani,pantang kalah,dicintai pasukannya,dan tampan (ughh gua banget).Nah ternyata Leonidas memang bener ada.Ia memimpin pasukan Sparta,pasukan dari Yunani yang terkenal sangat kuat dan ditakuti oleh lawannya.ia juga memimpin perang dalam membantai para pemberontak dan pertempuran Thermopylae, dan membantu Yunani dalam Invansi Persia, serta agresi militernya, Menurut catatan sejarah, Ia adalah jenderal perang satu-satunya yang menggemparkan dunia peperangan karna membuat sebuah tembok dengan Mayat-mayat musuh.

4. MUHAMMAD AL-FATIH
muhammad alfatih

Sultan Muhammad Al-Fatih merupakan sultan ke-7 dari Turki Ustmani.Beliau tercatat dalam sejarah sebagai panglima perang yang berhasil menaklukan kota Konstatinopel atau yang sekarang dikenal Kota Istanbul,Turki,saat beliau berusia 21 tahun.Saat itu Kota Konstatinopel berada dibawah kekaisaran Bizantium Konstantinus XI yang beragama Kristen Ortodoks.Siasat perang sang sultang ialah dengan menaikkan kapal-kapal mereka melalui jalan darat untuk menghindari penghalang yang dipasang lawan.Pada pasukan Turki Ustmani inilah pertama kali digunakannya meriam.Sehingga kota yang dikelilingi dengan tembok raksasa yang kokoh itu pun berhasil ditembus.Jatuhnya kota konstatinopel Itu juga merupakan pukulan telak sebagai tanda akhir Abad Pertengahan oleh jatuhnya kota dan kekaisaran.

5. THARIQ BIN ZIYAD
thariq bin ziyad

Dialah sang penakluk Al-Andalusia(Spanyol, Portugal, Andorra, Gibraltar dan sekitarnya).Setelah mendarat di Gibraltar, Thariq memerintahkan pasukanya membakar kapal dan berpidato membakar semangat pasukanya: "Tidak ada jalan untuk melarikan diri! Laut di belakang kalian, dan musuh di depan kalian: Demi Allah, tidak ada yang dapat kalian sekarang lakukan kecuali bersungguh-sungguh penuh keikhlasan dan kesabaran.".Pasukan Thariq menyerbu wilayah Andalusia di musim panas tahun 711 dan berhasil meraih kemenangan yang menentukan atas kerajaan Visigoth, di mana rajanya, Roderick terbunuh pada tanggal 19 Juli 711 dalam pertempuran Guadalete.

6. KHALID BIN WALID
khalid bin walid

Dialah Panglima perang yang dijuluki Syaifullah Al-maslul(Pedang Allah yang terhunus). Dia tak terkalahkan lebih dari seratus pertempuran termasuk melawan Kekaisaran Byzantium, Kekaisaran Sassanid, dan sekutu-sekutu mereka termasuk juga suku-suku Arab di luar kekuasaan Khalifah. Pencapaian strategis dia ialah penaklukan Arab, Persia Mesopotamia dan Suriah Romawi hanya dalam waktu empat tahun pada tahun 632 ke 636. Kemenangan-kemenangan yang terkenal darinya ialah kemenangan telak pada Pertempuran Yamama, Pertempuran Ullais dan Pertempuran Firaz, dan kesuksesan taktis pada Pertempuran Walaja dan Pertempuran Yarmuk.

6. ALEXANDER THE GREAT
Alexander The Great

Ia merupakan raja sekaligus panglima dari kerajaan Makedonia.Di usianya 30 tahun, dia memimpin sebuah kekaisaran yang membentang mulai dari Laut Ionia sampai pegunungan Himalaya dan merupakan kekaisaran terbesar pada masa sejarah kuno, Dia tidak pernah terkalahkan dalam pertempuran dan dianggap sebagai komandan perang terhebat sepanjang masa. Walaupun hanya memerintah selama 13 tahun, semasa kepemimpinannya ia mampu membangun sebuah imperium yang lebih besar dari setiap imperium yang pernah ada sebelumnya. Pada saat ia meninggal, luas wilayah yang diperintah Aleksander berukuran 50 kali lebih besar daripada yang diwariskan kepadanya serta mencakup tiga benua (Eropa, Afrika, dan Asia).

7. JULIUS CAESAR
julius caesar

Ia menjadi kaisar romawi di tahun 59 SM,dan merupakan panglima terbesar kekaisaran Romawi.ia dikenal sebagai jenderal perang yang cerdas dan berbahaya.Dan dikenal juga sebagai salah satu pemimpin paling diktator di Dunia, Di masa pemerintahanya, ia telah meluaskan pengaruh kekaisaran Romawi ke hampir seluruh Eropa, sebagian Afrika, dan sebagian asia barat.

8. JENDRAL SOEDIRMAN
jendral soedirman

Jenderal Sudirman, lahir di Bodas karangjati, purbalingga pada tanggal 24 januari 1916, meninggal tanggal 29 januari 1950.Beliau merupakan salah satu pahlawan RI dalam merebut kemerdekaan. Beliau merupakan jenderal perang yang terkenal karena kekuatan dan taktiknya di medan perang, catatan sejarah mengatakan, ia adalah satu-satunya jenderal perang yang memakai siasat perang gerilya,yang dipakai saat agresi militer belanda, catatan militernya, jenderal sudirman ikut serta dalam: perang palagan Ambarawa, pertempuran 5 hari di semarang, agresi militer belanda II, dll

9. MALAHAYATI
malahayati

Beliau merupakan ikon kekuatan perlawanan kaum wanita terhadap penjajahan setelah Cut Nyak Dhien.Malahayati berasal dari kesultanan Aceh,Beliau juga merupakan panglima perang wanita pertama berasal dari Aceh.Pada tahun 1585-1604,beliau memegang jabatan Kepala Barisan Pengawal Istana Panglima Rahasia dan Panglima Protokol Pemerintah dari Sultan Saidil Mukammil Alauddin Riayat Syah IV.Ia memimpin pasukan yang bernama “Inong Balee” (pasukan janda pahlawan yang telah syahid) yang beranggotakan 2.000 orang.awalnya sempat ditertawakan oleh petinggi kerajaan. Namun keumalahayati dan pasukanya berhasil menunjukkan keberhasilan melawan Portugis dan Belanda. Bahkan sejarah mencatat Cornelis de” Houtman, mati di tangan sang panglima wanita ini pada tanggal 11 September 1599 dalam duel satu lawan satu di geladak kapal milik Belanda.Kini nama Malahayati banyak di abadikan salah satunya kapal perang TNI AL yaitu KRI Malahayati.

Nah mamen mungkin itulah Daftar nama panglima perang terhebat dalam sejarah versi PamanYan.blogspot.com. Mereka memimpin dan bertaruh nyawa tak lain dan tak bukan adalah demi kesejahteraan dan melindungi rakyat dan daerahnya.Bukan semata hanya ingin berkuasa dan menguasai.Dan kita sebagai rakyat memang seharusnya mencintai pemimpin kita sehingga hubungan antara pemimpin dan rakyat pun terjalin harmonis. Sekian.

About Unknown

Unknown

1 pendapat anda:

  1. http://kreasimasadepan441.blogspot.com/2017/12/mkhitaryan-bukan-hanya-ibrahimovic-yang.html
    http://kreasimasadepan441.blogspot.com/2017/12/pdip-minta-jokowi-desak-pbb-keluarkan.html
    http://kreasimasadepan441.blogspot.com/2017/12/pengalaman-ml-dengan-cewek-montok-yang.html

    Tunggu Apa Lagi Guyss..
    Let's Join With Us At vipkiukiu .net ^^
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami :
    - BBM : D8809B07 / 2B8EC0D2
    - WHATSAPP : +62813-2938-6562
    - LINE : DOMINO1945.COM
    - No Hp : +855-8173-4523

    ReplyDelete

Tinggalkan Komentar Mamen Untuk Postingan ini.