latest Post

Memakan Waktu Hingga Puluhan Tahun, Berikut Adalah Daftar Film Dengan Proses Pembuatan Paling Lama.

Proses Pembuatan Film Terlama dalam sejarah.
Jika kamu menonton sebuah film, kira-kira berapa waktu palin lama yang pernah kamu tonton? dan mungkin jika itu film yang berepisod hanya butuh hitungan hari untuk kamu selesai menonton keseluruhan dari fim tersebut.

Tapi tahukah kamu untuk pembuatan film tidak semudah menontonnya. Dari proses pembuatan cerita, syuting, editing dan lain sebagainya dapat memakan waktu untuk hingga puluhan tahun untuk menyelesaikan sebuah film yang siap untuk kamu saksikan.


1. Avatar ( 10 Tahun ).

Pembuatan Film Paling Lama - Avatar
Siapa yang gak tau dengan film besutan James Cameron ini. Yup, film yang pertama kali dirilis pada 17 Desember 2009 ini menceritakan tentang keadaan bumi yang mengalami kehabisan sumber daya energi, sehingga sebuah lembaga khusus melakukan eksploitasi ke planet lain.

Film ini memiliki durasi 161 menit. Namun tahukah kamu jika proses pembuatan film ini memakan waktu hingga 10 tahun. Rencananya produksi film ini akan dilakukan pada tahun 1997, tepatnya setelah selesai syuting Titanic. Namun pada saat itu untuk spesial effect dan kebutuhan film ini masih belum tersedia dan tergolong sulit. Sehingga semuanya selesai hingga memakan waktu 10 tahun.

2. Boyhood ( 12 Tahun ).

Pembuatan Film Paling Lama - Boyhood
Boyhood ditayangkan secara perdana di Festival Film Sundance pada 19 Januari 2014 dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 11 Juli 2014 secara terbatas dan 15 Agustus 2014 secara luas.

Boyhood menceritakan tentang kisah anak laki-laki bernama Mason (Ellar Coltraine) dari masa anak-anak hingga remaja dan dewasa. Dia ingin menampilkan proses pertumbuhan yang sesungguhnya, sehingga dirinya mengumpulkan para pemainnya seminggu sekali dalam setahun. Untuk mendapatkan moment pertumbuhan Mason (Ellar Coltraine), Hal tersebut rutin dilakukan selama 12 tahun lamanya. Alhasil, pertumbuhan Mason (Ellar Coltrain) terdokumentasikan dari umur 6 tahun sampai 18 tahun.

3. Tiefland ( 20 Tahun ).

Pembuatan Film Paling Lama - Tiefland
Jika mungkin kendala proses pembuatan film zaman sekarang ini adalah cuaca dan tempat. Namun lain halnya dengan film Tiefland. Film yang disutradarai dan ditulis oleh Leni Riefenstahl ini dibuat pada saat PD II. Bahkan saat menulis naskah fim ini Leni Riefenstahl dalam keadaan dipenjara. Resiko terbesar film ini adalah proses syuting yang dilakukan kondisi peperangan tengah terjadi. Sempat beberapa kali tertunda karena keadaan yang tidak memungkinkan.

Sebenarnya film ini berdasarkan pada opera eponim 1903 yang disusun oleh Eugen d'Albert ke libretto oleh Rudolph Lothar berdasarkan drama Catalan Terra baixa oleh Ă€ngel GuimerĂ .

Riefenstahl mulai mengembangkan skrip pada tahun 1934, dengan film yang diambil antara tahun 1940 dan 1944. Namun, itu tidak selesai pada akhir Perang Dunia II dan akhirnya diselesaikan dan dirilis pada 11 Februari 1954. Ia terdaftar sebagai fitur film dengan waktu produksi terlama dalam sejarah oleh Guinness Book of World Records . Meskipun rekor ini dikalahkan oleh The Thief and the Cobbler (dengan 29 tahun produksi dari 1964 hingga 1993), Tiefland masih berdiri sebagai film aksi langsung dengan waktu produksi terlama.

4. Roar ( 11 Tahun ).

Pembuatan Film Paling Lama - Roar
Film ini mengisahkan tentang eksploitasi petualangan Amerika pada tahun 1981 yang menceritakan keluarga yang diserang oleh sekumpulan singa yang semulanya jinak.

Roar menjadi terkenal selama proses pembuatannya sebanyak 70 orang pemain dan kru terluka akibat serangan dari hewan pemangsa yang digunakan dalam film tersebut. Termasuk pemeran utamanya yang mengalami patah tulang dan beberapa sobekan di bagian tubuh akibat serangan dari hewan pemangsa tersebut. Banyak dari luka-luka tersebut ditampilkan di bagian akhir film dan juga menghasilkan bagian luka yang nyata dengan darah yang asli pula. Hal itu menobatkan roar sebagai film dengan syuting paling berbahaya dalam sejarah.

Film ini juga terkendala oleh musibah banjir besar yang menghancurkan lokasi syuting mereka. Alhasil 11 tahun lamanya proses pembuatan film ini selesai dan tayang untuk pertama kali pada 12 November 1981.

Nah itulah beberapa film dengan proses pembuatan paling lama. Maka dari itu sebuah karya yang dapat dinikmati banyak orang itu tidak segampang kita menonton dan menilainya. Butuh usaha, kerja keras, ketekunan dan waktu untuk dapat menciptakan sebuah karya.

About paman yan

paman yan

1 pendapat anda:

Tinggalkan Komentar Mamen Untuk Postingan ini.