latest Post

Ini Dia 5 Hewan Purba Yang Ternyata Masih Hidup Hingga Sekarang.


Paman Yan - Mungkin kalau kita mendengar tentang hewan purba pasti kamu langsung kebayang dengan Dinosaurus. Reptil besar buas dan ganas.

Tapi kita semua pasti juga udah pada tahu bahwa hewan-hewan purba tersebut telah punah. Eitts tunggu dulu, ternyata masih ada loh hewan purba yang sampai saat ini masih hidup.

Kebanyakan dari mereka telah hidup dari jutaan tahun yang lalu dan tidak mengubah bentuk fisik mereka secara signifikan karena faktor alam, hanya saja beberapa diantaranya hanya menyusut ukuran dan bobot badannya.

Penasaran apa aja? ini dia 5 Hewan Purba Yang Masih Hidup Hingga Sekarang.

#1. HORSESHOE CRABS.
Horseshoe Crabs
Hewan yang jika namanya diartikan kedalam bahasa Indonesia yang berarti kepiting tapal kuda ini telah hidup sekitar 450 Juta tahun yang lalu. Meskipun telah banyak mengalami evolusi namun pada dasarnya bentuk fisiknya masih sama seperti nenek moyangnya. Hal ini dibuktikan dengan fosilnya yang pernah ditemukan.

#2. NAUTILUS
Nautilus
Hewan unik yang mirip keong ini adalah salah satu hewan purba yang masih hidup hingga sekarang. Meskipun begitu jumlah mereka terancam punah. Meskipun mereka memiliki cangkang, namun hewan ini masih berkerabat dengan cumi-cumi dan Gurita. Hewan yang diperkirakan telah hidup sekitar jutaan tahun lalu ini bisa tumbuh dengan memiliki 90 tentakel dan berdiameter 30cm.

#3. KOMODO
KOMODO
Seperti yang kita ketahui, Komodo merupakan kerabat dekat dengan Dinosaurus. Evolusi Komodo dimulai dengan Genus Veranus yang mulai berkembang di Asia sekitar 40-25 Juta tahun yang lalu. Komodo merupakan reptil karnivora karena mereka memakan daging namun terkadang mereka juga dapat menjadi kanibal. Hingga saat ini Komodo disebut sebagai Dinosaurus terakhir di bumi.

#4. PENYU BELIMBING
Penyu Belimbing
Penyu belimbing atau Dermochelys Coriacea merupakan jenis penyu terbesar yang telah hidup dibumi sekitar 100 jutaan tahun silam. Penyu belimbing dapat ditemukan dari perairan tropis hingga ke lautan kawasan sub kutub dan biasa bertelur di pantai-pantai di kawasan tropis. Makanan penyu belimbing hanyalah ubur-ubur.

#5 COELACANTH
Ikan Coelacanth
Sempat diperkirakan sudah punah sejak akhir masa Cretaceous 65 juta tahun lalu, Namun ikan ini berhasil kembali ditemukan. Ikan ini hidup di perairan Afrika Selatan bagian barat dan perairan Indonesia timur masing-masing disebut Latimeria chalumnae dan Latimeria menadoensis. Di Indonesia ikan purba Coelacanth dapat ditemukan di perairan Talise, Minahasa Utara dan perairan Malalayang, Teluk Manado, Sulawesi Utara. Ikan Coelacanth diduga sudah ada sejak era Devonian sekitar 380 juta tahun silam, hingga kini bentuknya tidak berubah.

About paman yan

paman yan

0 pendapat anda:

Post a Comment

Tinggalkan Komentar Mamen Untuk Postingan ini.