latest Post

Mandi saat keringatan dapat menyebabkan panu? yuk simak penjelasannya


Paman Yan - Pernah gak disuatu kejadian mungkin saat itu mamen main bola atau hal - hal lain yang ngebuat badan mamen keringetan,hingga pada saat ingin mandi ada yang bilang "Jangan Mandi kalau lagi keringatan ntar panuan".Mungkin saat itu mamen mulai berfikir-fikir "apa iya? kok bisa?".

Memang sih pada kebanyakan kasus panu dapat disebabkan oleh keringat dimana keringat dapat memicu tumbuhnya jamur pada kulit. Nah jenis jamur yang dapat menyebabkan panu ini adalah Malassezia.jamur ini sebenarnya tidak berbahaya dan umum ditemukan pada kulit manusia, terutama pada orang-orang yang berusia dewasa. Menurut dugaan, jamur ini mulai menimbulkan bercak-bercak putih di kulit saat perkembangbiakannya tidak terkendali.

Namun para ahli belum memastikan secara langsung apa penyebab perkembangbiakkan jamur ini pada kulit manusia. Yang jelas beberapa faktor dapat pada diri seseorang yang bisa memicu kemunculan penyakit ini, di antaranya:
  • Memiliki jenis kulit berminyak
  • Tinggal di daerah lembap yang bersuhu hangat
  • Berusia remaja atau awal 20-an
  • Sering mengeluarkan keringat berlebihan
  • Memiliki tingkat kekebalan tubuh yang rendah
  • Mengalami perubahan hormon
Nah jadi jika mamen menjaga kebersihan tubuh mamen dijamin deh gak bakal panuan. Jadi intinya panu itu disebabkan oleh jamur dan dipicu oleh keringat. Justru jika mamen melalaikan tubuh mamen dengan keadaan keringatan bisa jadi jamur lebih dulu berkembang. Gak mau dong ya kulit mulus mamen ada bercak-bercak putih. Jadi gak ada hubungannya tuh sama mandi dalam keadaan keringatan.
Oh ya sedikit, biasanya kulit yang terkena panu akan menimbulkan bercak putih kasar dan gatal.

Sekian.

About paman yan

paman yan

0 pendapat anda:

Post a Comment

Tinggalkan Komentar Mamen Untuk Postingan ini.