latest Post

Potret Bangunan Ikon Kota Palu Sebelum dan Sesudah Bencana Gempa dan Tsunami.

Foto sebelum dan sesudah bangunan yang menjadi ikon kota palu.
Musibah gempa dan tsunami yang terjadi di sebagian besar wilayah Palu dan Donggala pada Jumat (28/9) menyisakan luka yang mendalam. Guncangan hebat berskala 7,4 SR serta di susul oleh gelombang tsunami setinggi 1,5 meter telah meluluh lantakan sebagian besar wilayah Palu dan Donggala.

Bencana ini telah memakan ribuan korban jiwa dan sebagian masih dinyatakan hilang. Puing-puing bangunan menjadi pemandangan yang memilukan mengingat begitu dahsyatnya bencana ini. Sejumlah bangunan besar yang menjadi ikon kota Palu juga porak poranda akibat gempa bermagnitudo besar ini.

Dan berikut perbandingan foto-foto bangunan terkenal dikota Palu sebelum dan sesudah terjadinya bencana.

1. Kampus IAIN Palu.
Foto kampus IAIN Palu sebelum dan sesudah terjadinya bencana gempa dan Tsunami.
 Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu terletak di Jl. Diponegoro No.23, Lere, Palu Bar., Kota Palu, Sulawesi Tengah. Didirikan pada tahun 1997. Dan kini terlihat sebagian besar bangunan rusak akibat gempa dan terjangan tsunami.

2. Hotel Roa Roa.
Hotel Roa Roa kota palu sebelum dan sesudah
Terletak di Jl. Patimura No. 72, Lolu Selatan, Palu Selatan, Palu, Lolu Sel., Palu Sel., Kota Palu, Sulawesi Tengah, hotel kelas bintang 3 ini menjadi salah satu hotel yang terkenal di kota Palu. Namun kini segala kemewahan hotel tersebut telah hilang dan rata dengan tanah.


3. Jembatan Kuning (Ponulele)
Jembatan Ponulele yang menjadi ikon kota palu.
Jembatan Palu IV atau Jembatan Ponulele merupakan sebuah jembatan yang terletak di Kota Palu, Sulawesi Tengah, Indonesia. Jembatan ini diresmikan pada Mei 2006 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Kini jembatan cantik tersebut telah menjadi runtuhan puing-puing.

4. Mall Tatura.
Foto mall tatura di kota palu sebelum dan sesudah.
Terletak di Jl. Emy Saelan, Lolu Selatan, Palu Timur, Palu Selatan, Lolu Sel., Palu Sel., Kota Palu, Sulawesi Tengah, Mall Tatura merupakan pusat perbelanjaan terbesar di Palu. Mal ini didirikan pada tahun 2006. Mal ini terdiri dari 4 lantai dengan penyewa - penyewa yang sudah terkenal sebagai perusahaan besar baik skala nasional maupun internasional antara lain Karisma, Ramayana, KFC, dan masih banyak lagi.

Berikut diatas merupakan sebagian kerusakan yang terjadi di kota Palu, semoga atas dengan kejadian ini saudara kita diberi kesabaran serta ketabahan untuk dapat mengambil hikmah atas kejadian ini.

About paman yan

paman yan

1 pendapat anda:

Tinggalkan Komentar Mamen Untuk Postingan ini.